Belajar Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula

Belajar Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula - Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat sebuah website sendiri bagi pemula. Panduan ini ditujukan bagi teman-teman yang mengaku pemula, dan akan menunjukkan langkah demi langkah keseluruhan proses dasar banget membuat website sendiri. Pada dasarnya, asal Anda udah bisa mengetik dan browsing, maka Anda sudah punya modal untuk bisa membuat website sendiri.

f:id:carasiti:20160909224314j:plain

Tutorial ini akan menunjukkan bagaimana cara membuat website sendiri yang diperuntukkan khusus bagi pemula. Panduan ini ditujukan bagi teman-teman yang mengaku pemula, dan akan menunjukkan langkah demi langkah keseluruhan proses dasar banget membuat website sendiri. Pada dasarnya, asal Anda udah bisa mengetik dan browsing, maka Anda sudah punya modal untuk bisa membuat website sendiri.

Apakah Anda pernah bingung dalam membedakan istilah blog dan website? Nah, pada dasarnya, semua yang Anda lihat di internet itu adalah namanya website. Akan tetapi, website tersebut memiliki fungsi yang tentunya sangat berbeda-beda dan memiliki ciri khasnya masing-masing dimana sebutan khusus tergantung pada fungsinya. Jenis website yang cukup sangat populer adalah blog, social media dan tentunya toko online.  Jadi bisa dikatakan bahwa blog merupakan salah satu jenis website yang banyak sekali memiliki fungsi sebagai diary atau buku harian bagi pemiliknya, makanya biasanya dari tampilan artikel blog itu suka diurutkan berdasarkan dimulai dari tanggal yang paling baru sekali.


Dan diantara Website lain memiliki fungsi mirip seperti sebuah toko, di mana kita bisa memajang foto produk, harga produk, deskripsi produk hingga cara bagaimana pembelian untuk mereka yang mau membeli. Website jenis ini biasa kita sebut sebagai toko online. Jenis website lain yang terkenal adalah social media. Untuk jenis website ini admin tidak perlu menjelaskan secara panjang lebar, dikarenakan Anda pasti sudah sangat sering memakainya hampir setiap waktu, apalagi kalau bukan facebook dan twitter. 

Pada prinsipnya Belajar Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula ada berbagai cara untuk membuat website bagi Anda semuanya, admin membaginya ke dalam empat kategori, diantaranya yaitu:

  1. Instan, cara ini merupakan sebuah cara tercepat, termurah (alias gratis) dan termudah di dalam membuat website untuk pemula. Contoh paling mudah adalah menggunakan platform blogspot.com, worpress.com, ataupun tokobagus, dan lain-lain. Cara ini memang sedikit memiliki kelemahan pada tingkat fleksibilitas pembuatannya. Disini kita hanya bisa membuat website harus sesuai dengan format yang sudah disediakan oleh pihak penyedia layanannya. 
  2. CMS atau singkatan dari Content Management System. Cara ini memang sangat relatif lebih cepat seperti metode instan, namun begitu memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi dibandingkan cara Instan. Anda tinggal melakukan instalasi menggunakan software CMS ini yang sudah disediakan dengan berbagi type yang kita sukai. Kita juga bisa melakukan berbagai perubahan yang lebih fleksibel dengan menginstal add on pada CMS tersebut. Akan tetapi, pada umumnya Anda harus menyediakan nama domain dan juga hosting sendiri. Contoh CMS salah satunya seperti Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (ya, wordpress memiliki dua jenis yaitu, dengan cara instan dan juga cara CMS), Prestashop untuk berbagai toko online, dan lain-lain.
  3. Framework, cara ini bisa lebih memiliki tingkat fleksibilitas pada pembuatannya yang lebih tinggi, akan tetapi sedikitnya Anda harus sudah memiliki kemampuan web programming yang memadai.
  4. Web Programming. Cara membuat website sendiri bagi pemula ini merupakan yang paling fleksibel diantara jenis website yang laiinya, namun seiring berjalannya waktu Anda akan dituntut untuk memiliki kemampuan web programming yang mandiri. Kalau Anda sudah bisa atau tahu bagaimana cara membuat website sendiri ini, maka pada dasarnya Anda sudah bisa membuat segala jenis website yang Anda ingin gunakan, nyaris tanpa batas yang memisahkan.

Nah, untuk membuat website dengan metode CMS, Framework dan Web Programming, kamu memerlukan domain dan hosting.

Namun perlu kembali diingat, bahwa itu semua hanya berlaku jika memang jejaring sosial kamu sudah sangat berkembang dengan jumlah pengguna yang sangat banyak. Tentunya jika masih baru merintis, ya tidak perlu pakai kapasitas hosting yang besar jika memang dana kamu masih terbatas.

Baiklah hanya Ini saja dulu sobat http://carasiti.hatenablog.com/ sedikit informasi yang bisa admin bagikan. Semoga bermanfaat buat anda semuanya. Jangan lupa baca juga artikel sebelumnya terkait Staedtler Pensil Terbaik Untuk Anak. dan juga postingan mengenai Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca postingannya. Demikianlah artikel mengenai Belajar Cara Membuat Website Sendiri Bagi Pemula.

Sumber artikel https://medium.com/@carasiti1/cara-membuat-website-sendiri-untuk-pemula-5139cff01947#.cjl9dlaqc